Kamis, 05 Mei 2016

Media Pembelajaran Dakonmatika


Pasti kalian penasaran kan apa itu DAKONMATIKA . DAKONMATIKA adalah media pembelajaran yang dibuat untuk   mempermudah anak-anak sekolah dasar mempelajari dan memahami tentang FPB dan KPK yang mungkin masih sulit bagi mereka yang mempelajarinya. Dengan dibuat dan disajikannya alat peraga DAKONMATIKA tersebut dalam proses belajar mengajar, diharapkan murid-murid tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi FPB dan KPK dan sebagai alternatif lain dari cara pohon faktor atau garis  bilangan. Alat    peraga ini biasanya diperuntukkan bagi murid-murid sekolah dasar kelas 5. 
         Nah,saya akan menjelaskan bagaimana dan apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat DAKONMATIKA.


Alat dan Bahan :




NO
KETERANGAN
1
Plastik bening
2
Kertas HVS warna warni (2 warna )
3
4
Karton padi
Gunting
5
Penggaris
6
Double Tip
7
Pensil penghapus
8
Spidol
Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat “DAKONMATIKA” :

1.      Siapkan kertas padi.
2.      Gambarlah tabel  seperti gambar di bawah .
        Tabel untuk angka dapat disesuaikan dengan keinginan (misal 5x4 , 5x7 , 8x7 , dll)
      3.      Sampul kertas padi menggunakan plastik bening agar kertas padi tidak mudah rusak.

      4.      Gunting kertas HVS menjadi persegi kecil ( misalkan 2 cm x 2 cm)
      5.      Tempelkan double tip di bagian belakang kertas hvs yang telah digunting.
      6.      Rekatkan kertas hvs di papan dakonmatika.
      7.      Dakonmatika siap dimainkan.

 Berikut cara untuk menggunakan “DAKONMATIKA” dalam proses belajar
 mengajar:
1.            Untuk mencari KPK
a)       Permainan ini dilakukan oleh dua orang.
b)       Setiap orang memegang satu angka (misalnya mencari KPK dari  5 dan 2
maka orang pertama fokus pada angka 5 dan oran
g selanjutnya fokus pada angka 2).
c)       Orang pertama yang memegang angka 5 maka dia akan menempelkan  kertas warna 1 (menempelkan kertas di tabel angka dakon) pada kelipatan lima.
d) Setelah orang pertama selesai maka orang ke dua melanjutkan permainan dengan menempelkan  kertas warna 2 pada kelipatan 2 kemudian berhenti setelah   kertas dakon orang pertama dan kertas dakon orang kedua berada pada satukotak tabel angka   (tabel angka  10) .
e)   Biji pemain pertama dan pemain kedua berada pada tabel angka kesepuluh maka 10 merupakan KPK dari 5 dan 2.
f)       Permainan diulang dengan soal yang berbeda. 

         2.     Untuk mencari FPB
a)         Misal mencari FPB dari 6 dan 4
b)         Maka orang pertama menaruh 6 kertas warna 1 dakon dalam
      lingkaran A dan orang kedua menaruh 4 kertas warna 2 dakon pada
      lingkaran B.
c)         Orang pertama menempelkan kertas warna 1  pada bilangan yang 
merupakan faktor dari 6 dan orang kedua menempelkan kertas warna 2
pada bilangan yang merupakan faktor dari 4.
d)         Bilangan terbesar dimana terdapat 2 kertas pada 1 kotak dengan warna
berbeda merupakan faktor persekutuan terbesar dari kedua bilangan

tersebut. Jadi, 2 merupakan FPB dari 6 dan 4.
e)         Permainan diulang dengan soal yang berbeda.
   
      Jika kalian kurang mengerti dengan penjelasan diatas, kalian bisa melihat videonya dengan mengunjungi alamat web ini :  https://youtu.be/v90U_nkz134
 .
      Daftar Pustaka : http://septimartiana.blogspot.co.id/2014/01/media-pembelajaran-dakonmatika.html














4 komentar:

  1. hallo ira.. hehe, penjelasan ira lengkap banget nih, tp biar lebih lengkap lagi coba dikasih sedikit tampilan video youtubenya, soalnya takut entar para readersnya gak keliatan link youtubenya..

    BalasHapus
  2. Iya ra setuju sama hanifa, bisa kok ra yang di toolbar entri blog kan ada gambar video ra, klik itu terus pilih upload from you tube. Semangat ra :)

    BalasHapus
  3. bagus raa menarik semoga bermanfaat untuk temn-temen kita yang lagi mencari referensi ya raa

    BalasHapus
  4. terimakasih atas kritik dan saran teman-teman :))

    BalasHapus